BLANTERWISDOM101

PENYEBERANGAN ATMA

Saturday, October 10, 2020


[Sedikit Membuka Ajaran Rahasia] 

Sumber: Rumah Dharma 

Rumah Dharma mendapatkan banyak pertanyaan tentang penyeberangan Atma. Ini penjelasan singkatnya. Sebelumnya mohon maaf kepada Para Guru dan Para Suci, titiang nunas geng sinampura, mohon ijin membukanya sedikit saja, demi untuk kecintaan masyarakat Bali kepada ajaran agung warisan para leluhur.

Penyeberangan Atma adalah suatu praktek spiritual khas Tantra. Yaitu sebentuk praktek spiritual untuk menyeberangkan Atma seseorang yang meninggal, yang masih gentayangan, atau yang masih berada di alam-alam yang kurang bagus, untuk dibawa naik ke alam suci melalui penyeberangan Atma. Karena luar biasanya ajaran ini, sering disebut sebagai "harta karun spiritual sangat berharga yang sangat langka".

Seorang praktisi spiritual dengan pencapaian spiritual mendalam, umumnya bisa mengangkat naik perjalanan Atmanya sendiri. Tapi orang biasa umumnya tidak. Oleh karena belas kasih agung para Ista Dewata, diturunkanlah ajaran Tantra penyeberangan Atma, untuk menolong perjalanan Atma para mahluk di alam samsara ini.

Ada banyak berbagai ragam tehnik penyeberangan Atma di jalan Tantra, akan tetapi secara garis besar bisa dikatakan terdiri dari 4 macam jalan :

[1]. Penyeberangan Atma dengan Tirtha penyeberangan.

[2]. Penyeberangan Atma dengan membacakan mantra untuk didengar orang yang meninggal di alam Antarabhava [alam kematian].

[3]. Penyeberangan Atma dengan rerajahan aksara suci.

[4]. Penyeberangan Atma dengan Sadhana Penyeberangan.

Kita di Pulau Bali yang mengusung ajaran Tantra, sesungguhnya kaya dengan ajaran penyeberangan Atma. Upacara ngaben adalah salah satu contohnya. Akan tetapi karena ajaran ini bersifat sangat rahasia, serta harus melalui aguron-guron dan inisiasi [diksha], masyarakat umum banyak yang tidak mengetahuinya.

Upacara ngaben di Bali memakai hampir semua 4 macam jalan diatas. Satu yang akan tiang buka adalah nomer 3, yaitu penyeberangan Atma dengan rerajahan aksara suci, yang biasa disebut KAJANG. Masyarakat Bali banyak yang mengetahui KAJANG, tapi mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa itu adalah suatu jalan penting untuk penyeberangan Atma.

Upacara ngaben yang besar dan mahal, belum tentu menjamin keberhasilan penyeberangan Atma. Sebaliknya upacara ngaben yang sederhana dan murah, bisa jadi memberikan keberhasilan penyeberangan Atma. Karena intinya bukan uang.

Salah satu contoh dalam hal ini, menyangkut keberhasilan penyeberangan Atma melalui KAJANG, sangat ditentukan oleh [1] ketepatan pembuatan kajang, [2] ketepatan peletakan kajang dan [3] prosesinya.

Jika segala sesuatu dijalankan dengan tepat, maka Atma seseorang yang meninggal pasti akan terseberangkan. Kecuali orang yang bunuh diri. Maaf, setahu saya, tidak ada upacara atau sadhana apapun yang bisa menyeberangkan Atma orang yang bunuh diri. Orang yang bunuh diri Atmanya akan masuk alam-alam bawah yang penuh kesengsaraan. Tidak bisa ditolong.

Ajaran Tantra di Bali warisan leluhur adalah luar biasa, mewariskan kita berbagai "harta karun spiritual sangat berharga yang sangat langka".

Semoga semua mahluk terbebaskan dari siklus samsara, semoga semua mahluk mengalami pencerahan sempurna 🙏🏻🌷💎

Untuk ajaran dharma lebih mendalam, silahkan download e-Book ajaran dharma gratis dan dharma dana di : tattwahindudharma.blogspot.com

Share This :
I Wayan Sutejo

Guru Pendidikan Agama Hindu Asal Palembang, Sumatera Selatan

0 comments